10 manfaat pohon


10 manfaat pohon
Berikut adalah 10 manfaat pohon . Ternyata pohon bisa mempengaruhi kesehatan , mental manusia .

Membersihkan udara

Para peneliti di Institute Dave menemukan bahwa pohon-pohon di hutan atau di kota menyelematkan rata-rata 1 orang dalam setahun untuk satu kota karena pohon-pohon tersebut menghilangkan polusi udara. Sebuah studi di Jurnal obat pencegahan menemukan bahwa orang mengalami lebih banyak kematian akibat serangan jantung dan pernapasan ketika mereka hidup di tempat yang tidak ada pohonnya. Pohon sering disebut-sebut sebagai “paru-paru dunia” karena oksigen yang mereka sediakan untuk kehidupan makhluk lain.

Memberikan pekerjaan

Menurut petugas hutan US. Pengunjung yang be-rekreasi di Hutan nasional pada tahun 2012 menghabiskan hampir $11 juta . Semua aktivitas ekonomi tersebut mampu menopang 190,000 pekerja full dan magang . semua itu hanya di hutan national !

Menjernihkan air

Hutan memberikan penyaringan dan penyimpanan alami yang memproses hampir dua per tiga persediaan air di Amerika Serikat. Ketika kamu minum satu gelas dari air tekan di restauran New York , kamu sedang me-minum air yang disaring oleh Hutan di utara New York. Hutan tersebut melakukan penyaringan yang sangat bagus sehingga penyaringan kota hanya perlu melakukan sedikit penyaringan tambahan.

Penampung Karbon dioksida

Pembakaran bahan bakar fossil melepaskan karbon dioksida ke Atmosfer. Menanam pohon bisa mengurangi proses ini. Satu pohon mampu menyerap sampai 48 pound karbon dioksida dalam setahun . dan bisa menampung satu ton karbon dioksida saat pohon mencapai usia 40 tahun.

Mengurangi kejahatan

Perumahan dengan banyak pohon memiliki tingkat kejahatan yang lebih kecil dari pada perumahan tanpa pepohonan. Para peneliti berpikir bahwa itu terjadi karena area yang hijau memiliki efek menenangkan dan mendorong seseorang untuk menghabiskan waktu lebih banyak waktu dengan tetangga, menambahkan rasa saling percaya.

Meningkatkan nilai jual

Seseorang akan tergerak untuk pulang ke rumah atau kantor yang ada pohon di sekitarnya. Buktinya adalah nilai jual sebuah bangunan 7 sampai 25 percent lebih mahal rumah yang di kelilingi pohon dan pembeli membelanjakan sampai 13 percent lebih banyak di toko yang ada ruang terbuka hijau.

Menyehatkan Mental

Tidak semangat? Jalan-jalan lah di hutan , beberapa penelitian telah menemukan bahwa akses ke alam menghasilkan fungsi kognitif lebih baik, lebih disiplin , dan mendapatkan kesehatan mental yang lebih baik. Salah satu penelitian menemukan bahwa pasien rumah sakit yang bisa melihat pepohonan lewat jendelanya 12% lebih cepat sembuh dari pada pasien yang tidak bisa melihat pepohonan.

Mengontrol suhu

Naungan dan pemecah angin yang di berikan pohon mampu memberikan tempat bernaung bagi setiap orang untuk berteduh ketika terik matahari menyengat. Rata-rata suhu tahunan dari kota dengan penduduk lebih dari satu juta bisa lebih tinggi 1 sampai 3 derajat celcius daripada kota di sekitarnya. Penanaman pohon akan mengurangi “efek panas ini”. Dan bangunan dengan naungan pohon bisa menghemat 12% biaya listrik pendingin ruangan saat musim panas.

Mengontrol banjir

Pohon bisa menampung air . Jikalau pohon-pohon gagal menampung air maka air dari gunung akan membanjiri sungai-sungai di perkotaan. Itulah mengapa pohon-pohon memiliki peran penting dalam management banjir di banyak kota.

Habitat binatang

Binatang menggunakan pohon untuk mencari makan, sarang , kawin . Binatang-binatang tersebut mendukung banyak variasi kehidupan , dikenal dengan keragaman hayati. Dengan melindungi pohon-pohon , kita juga menyelamatkan semua tanaman dan binatang yang bergantung padanya

source
Opini: Sepertinya stress karena pekerjaan bukanlah satu-satunya penyebab yang membuat perbedaan sifat dan karakter antara orang kota dan orang desa .
Opini: Kalau mendidik lelaki menyelamatkan satu orang dan mendidik wanita menyelamatkan satu generasi maka berapa generasikah yang di selamatkan dengan menjaga dan menanam pohon? . Memang semakin berguna sesuatu , semakin acuhlah kita terhadap sesuatu tersebut!

  • Author :Fatihul Ulum Admin
  • Category : Lingkungan ,
  • | 2016-10-02


Related Posts


Pembangkit listrik tenaga panas bumi

Energi Geo (Bumi) thermal (panas) memiliki arti...


Pesantren 1000 pohon

Gerakan menanam seribu (1000) pohon di ponpes...


Pohon penghisap Karbondioksida

Dengan menanam pohon di sekitar kita , maka kita...


Gempa Subang

Baru-baru ini kita di kejutkan dengan gempa di...


Pohon tropis dan pemanasan global

Menanam pohon saat hari bumi itu kebih baik...


Apakah level permukaan laut naik

level ketinggian permukaan laut dunia naik...


Karbon dioksida dunia mencapai 400 PPM

Di abad datang . buku-buku sejarah akan banyak...