5 puasa sunnah


5 puasa sunnah

Puasa adalah salah satu ibadah dalam islam , Ia juga merupakan salah satu ibadah yang paling banyak pahalanya. Meskipun umat muslim disunnahkan untuk berpuasa , namun ada beberapa hari yang tidak diperbolehkan , haram , untuk berpuasa. Hari-hari yang tidak diperbolehkan berpuasa adalah 3 hari setelah hari raya Idul Adha --11,12,13--, Hari Raya Idul Fitri , dan hari raya Idul Adha. Selain ada puasa-puasa yang tidak diperbolehkan , ada juga beberapa hari yang sangat disunnahkan untuk berpuasa . Berikut hari-hari itu

Puasa sunnah Arofah

Sangat disunnahkan berpuasa di hari Arofah kecuali bagi orang yang sedang haji , sakit atau sedang perjalanan . Puasa Arofah adalah berpuasa di tanggal 9 bulan Dzulhijjah . Puasa ini bertepatan dengan saat orang yang berhaji melaksanakan Wukuf di Arofah. Makanya , orang yang berhaji tidak dianjurkan untuk berpuasa. Selain di anjurkan untuk berpuasa di tanggal 9 Dulhijjah , juga dianjurkan untuk berpuasa di tanggal 8 Dzulhijjah , atau satu hari sebelumnya. Tidak ada teknis khusus dalam melakukan puasa Arofah , ia sama persis dengan puasa-puasa yang lain

Puasa sunnah Asyuro

Puasa Asyuro adalah puasa yang dilakukan di tanggal 10 bulan Muharrom atau sepuluh hari setelah perayaan tahun baru Islam. Selain dianjurkan untuk berpuasa pada tanggal 10 Muharrom , Umat Islam juga dianjurkan untuk berpuasa di tanggal 9 Muharrom.

Puasa sunnah Syawal

Umat islam dianjurkan untuk berpuasa 6 hari di bulan Syawal. Kesunnahan puasa 6 hari tidaklah harus di tanggal-tanggal muda bulan Syawal seperti tanggal 2-7 Syawal . Meskipun begitu , berpuasa Syawal di tanggal-tanggal muda Syawal sangat diutamakan.

Puasa sunnah Biid

Selain puasa-puasa yang telah disebutkan diatas , umat Islam juga dianjurkan untuk berpuasa di setiap tanggal 13-14-15 bulan Hijriyah . Berpuasa di ketiga hari itu disebut dengan puasa Biid , terang , karena pada tanggal-tanggal itu bulan lagi terang-terangnya. Puasa Biid tidak bisa dilakukan di tanggal 13 bulan Dzulhijjah dikarenakan bertepatan pada hari Tasrik.

Puasa sunnah Senin dan Kamis

Puasa setiap hari Senin dan hari Kamis juga salah satu yang disunnahkan dalam islam. Kalau harus memilih antara berpuasa di hari Kamis atau berpuasa di hari Senin , Manakah yang harus dipilih?, Kalau disuruh memilih , maka berpuasa di hari Senin lebih utama daripada berpuasa di Hari Kamis.

Masih banyak puasa-puasa yang disunnahkan dalam islam seperti puasa di bulan Rojab , Muharram , dan lain-lain.

Referensi : Kitab Fathul Muin
Tag: Puasa-puasa Sunnah dalam islam

  • Author :Fatihul Ulum Admin
  • Category : Agama ,
  • | 2016-10-24


Related Posts