Profil Fatihul Ulum


Pondok pesantren Fatihul Ulum terletak di desa Manggisan kecamatan Tanggul kabupaten Jember. Ia didirikan oleh KH Abdul Hannan yang terkenal dengan ilmu Falak dan kehafidannya. Beliau adalah salah satu keturunan dari kiai pondok pesantren Sidogiri. Saat ini KH Mahfudz Abdul Hannan , yang merupakan putra KH Abdul Hannan , adalah pengasuh yang menggantikan beliau setelah Wafat pada tahun 1991. Saat ini Ada empat daerah yang berada di naungan pesantren ini.

Fatihul Ulum daerah a (FUDa)

Daerah ini dulu di kenal dengan pondok Utara dan merupakan daerah pertama yang di bangun oleh Fatihul Ulum sekitar tahun 1938. Ia Mengfokuskan pada Kitab-kitab klasik . Pendidikan formal masih bersifat optional di daerah ini.

Fatihul Ulum daerah b (FUDb)

Daerah ini mungkin lebih di kenal dengan pondok Selatan dan merupakan perluasan dari daerah a . Daerah ini di didirikan setelah FUDa didirikan. Menurut salah satu sumber yang menolak disebutkan namanya , beliau adalah salah satu santri Fatihul Ulum pada tahun 1962-1963 . Daerah ini didirikan antara tahun 1965 sampai tahun 1970 . Fokus daerah ini adalah kitab klasik seperti halnya Daerah a. Di Daerah ini terletak Sekolah Diniyah yang bisa di ikuti oleh semua santri Fatihul Ulum putra

Fatihul Ulum daerah c (FUDc)

Daerah c dulunya disebut Pondok belakang .Sebutan itu mulai di tinggalkan karena sudah tidak relevan lagi. Ia adalah hybrid dari pesantren salaf dan pesantren modern. Karena Daerah ini tidak hanya mengfokuskan pelajaran kitab klasik saja , beberapa ilmu formal seperti matematika juga di fokuskan disini. Ia di bangun oleh pengasuh kedua sekitar tahun 1989. Di daerah inilah sekolah formal(MTs dn MA) khusus putra berada . Sekolah formal di daerah ini boleh di ikuti oleh semua santri putra Fatihul Ulum. Untuk bisa masuk ke daerah ini calon santri harus lolos tes Matematika.

Fatihul Ulum Putri (FU putri)

Ia merupakan daerah dengan jumlah santri terbanyak . Di bangun sekitar tahun 1992 oleh pengasuh kedua . Di Daerah inilah sekolah formal dan diniyah khusus Putri berada.
Note:
1. Santri perempuan dan lelaki yang bersekolah formal atau diniyah di pesantren ini terpisah yang merupakan ciri khas pesantren.
2. Semua siswa-siswi yang sekolah formal di pondok pesantren Fatihul Ulum harus mukim di pesantren .

Data Tambahan :

Kode Post : 68155
Nomor HP : +6282140367111
Email : admin@manggisan.com