Bagaimana menulis buku


Bagaimana menulis buku

Bagian tersulit bagi kebanyakan para penulis, terlepas apa yang kita katakan, ialah bukan tidak diterbitkan. Sekarang, ada lebih banyak kesempatan daripada sebelumnya untuk menjadi seorang penulis. Bukan, penerbitan bukanlah bagian yang sulit. Menulislah bagian yang sulit itu. Saya baru saja menyelesaikan buku pertamaku. Dan bagian tersulit, bukanlah kesulitan dipublikasikan. Melainkan adalah proses menulis. Melihat ke belakang, saya bisa mengetahui bagaimana saya telah belajar beberapa hal. Berbagai hal penting yang layak untuk disebar luaskan. Apa saja yang dibutuhkan untuk menulis buku? Berikut adalah 10 tips terbaikku

Bersiap

Mulailah dari yang kecil

300 kata per hari sudah cukup. John grisham memulai karir menulisnya sebagai pengacara. Dia bangun pagi-pagi setiap harinya dan menullis sebanyak satu lembar. Kamu juga bisa melakukan seperti itu.

Buatlah garis besar

Tulislah daftar isi atau sebuah jadwal untuk membimbing anda. Kemudian pecahlah setiap bab menjadi beberapa bagian. Pikirkanlah bentuk dari bagian awal , tengah dan akhir. Sesuatu yang lebih rumit dari itu akan membuatmu tersesat. Jika kamu butuh bantuan , bacalah buku do the work by steven pressfield

Buatlah jadwal kerja harian

Jika kamu ingin mengambil sehari atau dua hari libur dalam seminggu , jadwalkanlah itu sebagai hari libur . Jangan biarkan tenggat waktu menyelesaikan buku terlewat. dan jangan biarkan dirimu mandek.

Pilihlah tempat yang unik untuk menulis

Ini membutuhkan tempat berbeda dari tempat-tempat melakukan aktivitas-aktivitas biasa. Idenya ialah untuk membuat tempat tersebut menjadi spesial sehingga ketika kamu memasukinya kamu telah siap mengerjakan proyekmu.

Tetaplah bisa diandalkan

Buatlah target jumlah kata

Pikirkan 10.000 kata bertahap dan pecahlah setiap bab menjadi panjang yang sama.
10,000 kata: buku kecil
20,000 kata: eBook singkat atau buku cetak
40.000-50.000 kata: buku non fiksi ukuran sedang
60.000-70.000 kata: buku non fiksi yang lebih besar
80.000 kata-100.000 kata: novel panjang

Buatlah batas akhir mingguan

Ia bisa berbentuk jumlah kata. persentase kemajuan, apa saja. Intinya sesuatu untuk dicapai , dan hal yang akan mengekang rasa tanggung jawabmu.

Minta saran di awal-awal

Tidak ada hal yang lebih buruk daripada menulis sebuah buku lalu harus menulisnya kembali, karena kamu tidak membiarkan seseorang untuk melihatnya, butuh beberapa penasehat terpercaya untuk membantumu.

Tetaplah termotivasi

Kirimkan

Tidak perduli apapun yang terjadi, selesaikan buku tersebut. Kirimkan pada penerbit , luncurkan di Amazon, lakukan apa saja agar buku tersebut berada di depan masyarakat. Pokoknya jangan taruh buku tersebut di lemarimu

Terimalah kegagalan

Ketahuilah bahwa ini akan menjadi sulit dan akan membuat perasaanmu tidak enak. Terimalah hal itu. Jangan salahkan dirimu. Itulah yang akan membuat dirimu kuat, bukan standard tinggi kesempurnaan yang kamu punya.

Tulislah yang lain

Kebanyakan pengarang malu terhadap buku pertamanya. Tapi tanpa yang pertama , mereka tidak akan pernah tahu pelajaran yang mereka pelajari. Jadi tempatkan hasil kerjamu di luar sana, gagal di awal-awal dan cobalah lagi. Hanya itu jalan satu-satunya agar menjadi baik.

Setiap penulis memulai menulis di suatu titik, dan hampir semua penulis memulainya dengan menulis setiap hari. Seseorang yang berhasil adalah seseorang yang berusaha setiap hari. Anda pasti juga bisa melakukanya
http://goinswriter.com/tips-writing-book/

  • Author :Fatihul Ulum Admin
  • Category : Psikologi ,
  • | 2016-12-12


Related Posts


Menang bukanlah segala-galanya

Hampir dalam semua level perlombaan -- dari...


7 kelebihan pesantren

Pondok Pesantren adalah institusi pendidikan yang...


Kerja ketika lelah

Telat tidur tadi malam? tidak bisa tidur , atau...


Kebiasaan belajar efektif

Target utama pendidikan adalah untuk membuat...