Monitor programmer


Monitor programmer

Pemograman adalah salah satu pekerjaan yang populer di abad ini . Baik itu programmer profesional atau amatir akan membutuhkan monitor yang baik agar supaya bisa menulis kode dengan efektif. Memilih monitor bagi programmer merupakan hal yang sulit karena banyaknya brand , ukuran layar , resolusi , setting , dan lain-lain. Kamu juga harus memperhatikan pada keuangannmu , panel display , pengaturan lebih dari satu monitor , rotasi , dan lain-lain.

Memilih monitor

Petunjuk berikut akan membantu kamu memilih monitor terbaik bagi programmer. Kita telah melakukan penelitian di Reddit , forum pemogramman , komunitas pemogramman , Amazon dan lain-lain. Dibawah ini kamu akan menemukan monitor paling populer di kalangan programmer dan hal-hal yang perlu di perhatikan ketika memilih monitor untuk memogram.

Jika kamu ingin membeli monitor untuk memogram , keuangannmu adalah hal yang paling penting. Jadi kita akan mencoba untuk merekomendasikan monitor-monitor yang pas dalam segala kondisi keuangan. Dibawah ini kamu akan menemukan beberapa rekomendasi pengaturan monitor dan kamu bisa mmemilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

2 atau 3 x 1080p Monitors

MonitorUkuranPanelInputs
AOC i2367Fh Frameless LED-Lit Monitor23"IPSVGA, 2 x HDMI
Acer R240HY bidx Widescreen Display23.8"IPSVGA, DVI, HDMI
ASUS MX239H Back-lit LED Monitor23"IPSVGA, 2 x HDMI
HP Pavilion 23xw LED Backlit Monitor23"IPSVGA, 2 x HDMI
ViewSonic VX2270SMH-LED SuperClear Frameless Monitor22"IPSVGA, HDMI

Kami telah melihat bahwa banyak programmer menggunakan 2 atau 3 monitor 1080p dan tentu ada alasan yang mendasar untuk itu. Full HD(support 1920x1080) monitor bisa dibeli dengan harga terjangkau dan ia bisa memberikan ruang yang cukup dalam pengkodean. Untuk hasil yang bagus , kamu harus memilih monitor 1080p untuk layar 22" atau 23" , monitor dengan panel IPS dan frame yang tipis. Kemudian belilah 2 atau 3 monitor. Kamu juga bisa memilih monitor yang bisa diposisikan vertikal sehingga kamu bisa melihat lebih banyak kode.

2 atau 3 x 1440p Monitors

MonitorUkuranPanelInputs
ASUS PB278Q WQHD Ergonomic Back-lit LED Monitor27"IPSVGA, HDMI, DVI, Dport
Acer K272HUL bmiidp Widescreen Display27"AHVADVI, 2 x HDMI, Dport
BenQ GW Series GW2765HT Screen LED-Lit Monitor27"IPSVGA, DVI, HDMI, Dport/td>
ASUS MX27AQ Back-lit LED Monitor27"IPS2 x HDMI, Dport
Apple Thunderbolt Display27"IPSThunderbolt

Pilihan ini merupkan pilihan yang juga umum di kalangan programmer. Monitor 1440p lebih mahal daripada monitor 1080p , tapi jika kamu bisa membelinya , kam bisa merasakan atmosfer pemograman. Kamu bisa memilih monitor 1440p dengan ukuran layar 24" sampai 27" dan hampir semua nya memakaia panel IPS. , seperti yang saya katakan sebelumnya monitor vertikal dan frame monitor yang tipis itu lebih baik

1 x Ultrawide Monitor

MonitorUkuranPanelInputs
Dell UltraSharp U3415W Curved LED-Lit Monitor34"IPSHDMI, Dport, Mini Dport
LG Electronics UM95 34UM95C LED-Lit Monitor34"AHVA2 x HDMI, Dport
Dell UltraSharp U2913WM 29-Inch 21:9 Widescreen LED-Lit Monitor29"IPSVGA, HDMI, Mini Dport/td>
Acer B296CL Widescreen Display with ErgoStand29"IPSDVI, 2 x HDMI, Dport
LG Electronics UM57 25UM57 LED-lit Monitor25"IPS2 x HDMI

Beberapa programmer memilih untuk menggunakan satu monitor. Ada beberapa monitor baik yang memiliki layar lebih besar dari 27" dan ia akan memberikan performance yang baik dalam memogram. Ia lebih lebar daripada monitor biasanya dan itu berarti kamu akan memiliki cukup ruang untuk menampilkan lebih dari datu kolom. Ultrawide monitor lebih mahal daripada monitor 1080p atau 1440p tapi satu saja sudah cukup memberikan ruang. Kamu juga bisa memilih monitor yang melengkung jika kamu mau.

MonitorUkuranPanelInputs
Dell Ultra HD P2715Q LED-Lit Monitor27"IPSDport, Mini Dport, HDMI
Samsung UE590 LED-Lit Monitor34"TN2 x HDMI, Dport
Samsung UE590 UHD-QHD LED-Lit Monitor29"IPSDport/td>
Dell Ultra HD 5K LED-Lit Monitor29"IPS 2 x Dport, Mini Dport
Samsung Ultra High Definition LED Monitor25"TNHDMI, Dport

Tentu saja Uang adalah hal yang paling menentukan dalah pemilihan monitor. Jika kamu tidak memiliki keterbatas uang kamu bisa memilih monitor 4K untuk pemograman. Monitor 4K lebih murah saat ini, Kamu bisa memilih 1 atau 2 dan membuat lingkungan yang nyaman untuk memogram. Monitor 4K membutuhkan VGA yang baik . Jadi pastikan anda mempunyai VGA yang support pada monitor 4K.

Bagaimana memilih monitor yang pas untuk memogram

Jika kamu mencari monitor yang paling baik untuk memogram , kamu harus tahu beberapa hal. Yang terpenting , monitor itu harus tidak menyakit matamu karena memogram memaksa kamu untuk melihat monitor berjam-jam atau mungkin berhari-hari. Hal itu tergantung pada berbagai aspek seperti ukuran layar , resolusi monitor , dan panel monitor. kamu haru memperjatikan keuangannmu, tujuan penggunaan , input yang dibutuhkan dan jumlah monitor yang di kehendaki.

Ukuran layar

Ukuran layar adalah hal paling penting dalam pemilihan monitor. lebih besar tentu lebih baik , karena ia akan membuatmu bekerja lebih cepat dan mengurangi menekan tombol "ALT+TAB". Bahkan ada penelitian yang menyatakan bahwa monitor yang besar akan menambah produktivitas. Tetapi jika kamu mau membbeli monitor besar , kamu harus memperhatikan resolusi monitornya. Monitor dengan layar lebih dari 24" tidak disarankan denga resolusi 1920x1080. monitor 1440p disarankan untuk layar 24" sampai dengan 27". Untuk monitor yang lebih besar dari 27" saya sarankan memakai monitor dengan resolusi 4K. Tentu kamu bisa memilih monitor ultra wide jika masih ada cukup uang.

Resolusi layar

Seperti ukuran layar , resolusi layar sangatlah perlu dipertimbangkan ketika membeli monitor untuk memogram . resolusi yang lebih tinggi akan memberikan tambahan ruang untuk membaca dan menulis kode. Saya tidak menyarankan monitor 24" sampai 27: dengan resolusi 1920×1080. Memang 1920×1080 itu besar tapi tidak untuk monitor dengan layar lebih dari 24". Untuk layar sebesar itu saya sarankan monitor yang memiliki resolusi 1440p atau 4K jika jamu memiliki cukup uang. Untuk dua monitor atau tiga monitor , kamu bisa menggunakan layar dengan resolusi 1080p.

Panel

Saat ini ada tiga panel monitor yang tersedia. Twisted Nematic (TN), Vertical Alignment (VA) dan In-Plane Switching (IPS). Untuk pemograman , TN panel tidaklah cocok . Hindarilah monitor dengan panel TN kalau bisa. Jika uang kamu masih cukup. Monitor dengan panel VA atau IPS sangat cocok dan banyak digunakan oleh kalangan programmer karena kualitas gambar , ketajaman , dan sudut pandang. Saya menyarankan monitor dengan panel IPS. Monitor dengan IPS panel akan memberikan kualitas gambar , ketajaman , sudut pandang dan performance yang terbaik.

Input dan Rotasi

Ketika memilih monitor untuk memogram, sangatlah penting untuk mengetahui outputnya. Jika kamu akan menggunakannya dengan laptop, kamu harus mempertingkan input monitor berdasarkan output laptop. Hampir semua laptop memiliki port HDMI . Beberapa laptop juga memiliki DVI, VGA atau HDMI mini juga. Jika kamu memiliki laptop Apple , kamu harus mengecek port Thunderbolt pada monitor. Intinya , kamu harus memutuskan port apa yang kamu butuhkan untuk menyambungkan monitor.

Menurutku , kamu harus mengetahui jika monitor barumu bisa di putar. Beberapa programmer memutar monitor mereka untuk mendapatkan tambahan ruang untuk menulis kode. Saya sarankan untuk membeli monitor yang bisa di gunakan dengan mode potrait.

source: http://www.slothygeek.com/best-monitor-for-programming/

  • Author :Fatihul Ulum Admin
  • Category : Tips ,
  • | 2017-02-22


Related Posts


Eye Strain

Mata adalah hal yang penting dalam kehidupan.Oleh...


Jurusan Teknik

Karena Fatihul Ulum Manggisan menekankan pelajaran...


Bagaimana menggunakan klasement

Klasement merupakan system perangkingan yang...


Pencarian dengan Google

Berikut adalah beberapa tip bagaimana melakukan...