Eye Strain


Eye Strain

Mata adalah hal yang penting dalam kehidupan.Oleh karenanya , mereka yang memiliki gangguan mata lebih berpeluang dicintai Allah. Meskipun begitu bukan berarti anda harus merusak mata anda hanya untuk mendapat peluang itu , karena melakukan hal yang berbahaya bagi tubuh itu hukumnya haram. Bagi mereka yang tidak memiliki gangguan mata , gangguan pada mata adalah hal yang sepele. Tapi bagi mereka yang memiliki gangguan mata . apalagi masuk pada level eye strain (di indonesia sering disebut dengan mata sensitif) menjaga mata adalah sangatlah teramatlah penting. Eye strain tidaklah harus memiliki pandangan yang minus . Eye strain bisa terjadi pada seseorang yang hanya memiliki minus mata yang sedikit. Akibat dari eye strain adalah pusing , mual , bahkan terkadang seperti merasa ada gempa bumi. Eye strain sering mengganggu ketika melihat monitor/TV dimana pada waktu mata di paksa untuk fokus pada sesuatu/huruf.

Ada beberapa penyebab pusing saat melihat monitor

  • 1. Monitor terlalu terang. Rata-rata ukuran keterangan normal monitor sekarang adalah 120 cd/m2 . Usahakan keterangan monitor sama dengan keterang ruangan anda. Anda bisa menempelkan kertas putih pada monitor untuk membandingkan
  • 2. Monitor di set ke suhu warna cool (di atas 5000k) . Sedikit warm (suhu warna yang dibawah 3000k disebut warm) atau amber itu bagus
  • 3. Monitor mempunyai pixel invers. Monitor dengan panel TN lebih parah dari pada monitor dengan IPS panel. Jadi pilihlah monitor dengan panel IPS.
  • 4. Pixel pitch (jarak per pixel) tidak cocok untukmu. Dalam banyak kasus pixel pitch yang lebih besar itu bagus , meskipun begitu hindarilah pixel pitch yang lebih besar dari 0.29. dan usahakan memakai resolusi bawaan (native resolution)monitor dan jika font kamu rasa terlalu kecil perbesarlah fontnya/zoom . Sebisa mungkin untuk tidak merubah native resolusinya.
  • 5. Backlight pada monitor jelek dan berkedip-kedip (flickers)
  • 6. Memakai dua atau lebih monitor dengan tingkat kecerahan yang berbeda .Usahakanlah semua monitor memiliki kecerahan yang sama atau setidaknya hampir sama.
  • 7. Jarak kemonitor terlalu dekat atau terlalu jauh. Jarak ke monitor haruslah berada antara 50cm sampai dengan 60cm . Ini tergantung besarnya monitor
  • 8. Silau karena Pantulan cahaya ke monitor atau disebut dengan glossy/glare. Usahakan monitor anda memiliki feature anti glare.
  • 9. Jarang berkedip

Hal-hal di atas adalah aturan umum dan tentunya tidak bisa berlaku pada semua orang termasuk pada anda.

Salah satu monitor yang bagus dalam mengatasi pusing dan mual saat melihat monitor (dalam inggris disebut eye strain) adalah Dell u2410.

source: choose monitor good eye , eye strain headache

Lampu warna kuning (Warm White)

Banyak sekali di temukan di internet bahwa lampu berwarna kuning bisa mengurangi eye strain karena lampu berwarna kuning yang tidak mengeluarkan cahaya kebiruan-kebiruan sebanyak warna putih. Cahaya kebiruan-biruan ini banyak dikeluarkan oleh sinar lampu yang memiliki suhu warna yang dingin. Suhu warna mempunyai satuan kelvin atau disingkat dengan hanya "k". Suhu yang rendah menciptakan efek hangat (warm). Sedangkan suhu yang tinggi menciptakan efek dingin (cool). Berikut adalah suhu-suhu warna yang umum. Makin tinggi nilainya maka makin banyaklah lampu tersebut mengeluarkan cahaya kebiruan-biruan

-Suhu
Flame2000k
Warm white2700k
White3000k
Cool White5000k
Day Light6500k
Apakah lampu berwarna kuning bisa menyebabkan rusaknya mata ? Itu juga masih tidak jelas . Yang pasti , sesuatu yang merusak mata adalah ketika kita belajar dengan penerangan yang kurang atau terlalu terang.

sources:

  • Author :Fatihul Ulum Admin
  • Category : Tips ,
  • | 2017-02-22


Related Posts


Monitor programmer

Pemograman adalah salah satu pekerjaan yang...


Jurusan Teknik

Karena Fatihul Ulum Manggisan menekankan pelajaran...


Bagaimana menggunakan klasement

Klasement merupakan system perangkingan yang...


Pencarian dengan Google

Berikut adalah beberapa tip bagaimana melakukan...