Internet mungkin membuat kamu sok tahu


Internet mungkin membuat kamu sok tahu

Mungkin kamu tidak sepintar yang kamu pikir . Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa Google mungkin telah membuat orang berpikir bahwa mereka lebih pintar dari kenyataannya , yang akan membuat membuat orang salah dalam mengambil keputusan.

"Internet sangat hebat , dimana kamu bisa menanyakan pertanyaan apa saja , dan kamu bisa mengakses pengetahuan di seluruh dunia melalui tanganmu." ucap Matthew Fisher , pemimpin peneliti . "Sangatlah mudah untuk mengcampur adukkan pengetahuanmu sendiri dan pengetahuan dari luar . Ketika seseorang benar-benar sendiri , mereka mungkin salah tentang berapa banyak yang mereka tahu dan seberapa tergantung mereka pada internet."

Untuk mengetahui secara rinci berapa orang yang sangat mengandalkan internet , para peneliti melakukan serangkaian penelitian . ada 152 sampai 302 sukarelawan yang di ikut sertakan secara online dalam 9 percobaan. Dalam percobaan pertama , sekelompok (di sebut internet group) orang menggunakan internet ,Google , untuk mencari jawaban dari empat pertanyaan dan memberikan sebuah link website yang berisi jawaban. Sekelompok (kita sebut kontrol group) pengontrol diberikan text lengkap yang didapat dari website yang paling sering digunakan oleh group internet untuk menjawab pertanyaan .

Lalu kedua group dinilai kemampuannya dalam menjawab pertanyaan lain pada topik yang tidak berhubungan pada mesin pencarian (Google atau bing , etc) , meskipun mereka tidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut . menjadi jelas bahwa group internet menjadi sok tahu setelah sebelumnya mereka menjawab dengan di bantu internet, meskipun saat anggotanya tidak bisa menemukan jawaban yang lengkap , atau mereka tidak menemukan jawaban sama sekali.

"Jika kamu tidak mengetahui jawaban dari pertanyaan , itu sudah jelas bahwa ternyata kamu memang tidak tahu, dan membutuhkan waktu dan usaha untuk menemukan jawabannya," ucapa Fisher . "Dengan internet, garis pembatas antara apa yang kamu tahu dan apa yang kamu pikir kamu tahu menjadi tidak jelas."

Peningkatan penggunaan telpon genggam mungkin memperburuk masalah ini karena internet selalu di jangkauan. Sebagai tambahan , efek-efek ini mungkin akan lebih terlihat ketika seorang anak tenggelam dalam dunia internet semenjak kecil sampai tumbuh dewasa. Jadi apa sih masalahnya ? Perasaan sok tahu bisa membahayakan dalam kancah perpolitikan atau dalam area lain yang melibatkan keputusan beresiko tinggi.

"Internet memiliki kelebihan yang tiada tara, tapi akan selalu ada efek negatif yang tidak langsung terlihat dan mungkin inilah salah satunya." ucap Fisher. "Mengukur kemampuan seseorang sangatlah sulit , dan internet membuatnya makin sulit. "


  • Author :Fatihul Ulum Admin
  • Category : Science ,
  • | 2016-10-09


Related Posts


Pembangkit listrik tenaga panas bumi

Energi Geo (Bumi) thermal (panas) memiliki arti...


Kenapa belajar Matematika

Kenapa Matematika menjadi salah satu subjek yang...


Fitoplankton Penghasil Oksigen terbesar di dunia

Ilmuwan sepakat bahwa oksigen yang kita hirup itu...


Apakah level permukaan laut naik

level ketinggian permukaan laut dunia naik...